UN ? ga usah pusing

UJIAN NASIONAL mungkin terdengar mengerikan bagi anda maupun anak-anak anda. mengapa seperti itu ? ya karena darinya kita ditentukan lulus atau tidaknya mengikuti belajar mengajar di sekolah selama 3 tahun untuk smp dan sma, dan 6 tahun untuk sekolah dasar (SD). apakah yang anda takutkan ? TIDAK LULUS mungkin adalah alasan utama yang ada di pikiran anda bukan ? mengulang 1 tahun sekolah hanya karena tidak lulus, betapa banyak waktu, harta, pikiran, yang telah di buang jika anda sampai mengulang.

apakah yang harus kita lakukan ? tentu saja belajar, tidak harus selalu tiap hari belajar berjam jam tanpa berhenti, bisa dilakukan dengan cara lain. nah berangkat dari situ saya ingin berbagi tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

berikut tips dari saya :
  • pastikan tujuan anda! anda harus memiliki tujuan menghadapi un tersebut. tentu saja kita harus mengisi di otak kita untuk LULUS. tapi tidak berhenti hanya sampai lulus saja, melainkan cara untuk lulus dengan nilai yang memuaskan tanpa curang. apakah anda sudah tahu ? jelas saja kita harus belajar, ya belajar dan terus mengasah otak dan kemampuan kita.
  • tentukan anda mau kemana setelah lulus, banyak yang menyesal karena tidak menentukan pilihan terlebih dahulu dan mengagung agungkan un sebagai lawan pertama dan terakhir. itu salah besar ! tes sma smp atau perguruan tinggi jauh lebih susah dari un itu sendiri, maka dari itu persiapkan diri untuk level selanjutnya bukan hanya untuk un.
  • Bagi y6ang mampu, ikut bimbingan belajar! tidak usah ragu-ragu lagi. Anda akan diberi banyak trik-trik, kisi-kisi untuk UN. Dan mempersiapkan anda menghadap tes berikutnya.
  • Bertanya ! pada kakak -kakak kelas, ibu/bapak guru, guru bimbingan konseling, tentang apa yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan. Bagaimana pengalaman mereka menghadapi UN.
  • Berdoa! segala sesuatu usaha kita pasti akan dimudahkan jika kita selalu berdoa, dan beribadah dengan baik.
  • jangan ditunda ! segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan tundaan adalh yang terbaik untuk diri anda.
sekian tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua.
No comments

No comments :

Post a Comment