Organisasi, Manajemen, Dan Strukturnya

Pengertian
     Organisasi bukanlah sebuah hal yang langka lagi di mata kita dewasa ini, anak-anak pun saya rasa sudah mengetahui secara umum apa organisasi itu. Banyak sekali macam dan rupanya organisasi, beberapa diantaranya mungkin pemerintahan RI, PBB, ataupun keluarga. Definisi organisasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah: "kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu", sedangkan menurut wikipedia: "organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi".

     Manajemen adalah ilmu yang cukup banyak peminatnya di negeri kita, rata-rata universitas negeri maupun swasta pasti menyediakan jurusan ini. Tapi apakah anda tahu apakah manajemen itu?. Kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno "ménagement" yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen menurut KBBI adalah: "penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran". Lain dengan pendapat Marry Parker Follet, misalnya, mendefinisikan: "manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain".

Fungsi-Fungsi Manajemen
      Banyak sekali fungsi-fungsi dalam manajemen, berikut saya akan mencoba mengutip dari beberapa tokoh. Fungsi manajemen pertamakali diperkenalkan oleh seorang industrialis asal Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20, menurutnya fungsi manajemen ada lima: "Planning (Merancang), Organizing (Mengorganisir), Commanding (Memerintah), Coordinating (Mengordinasi) dan Controling (Mengendalikan). Berbeda dengan Henry, George R. Terry (1990) dalam "Principles Of Management" mengemukakan: "Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan pelaksanaan (Actuating), Pengawasan dan Pengendalian (Controling)" yang lebih popular dengan singkatan POAC.

     Lain lagi menurut Luther Gullick fungsi-fungsi manajemen ialah: "Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting dan Controlling". Sedangkan menurut Ernest Dale: "Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling".

     Ini adalah beberapa definisi atau pengertian dari masing-masing fungsi yang saya kutip dari berbagai sumber:

  1. Fugnsi Perencanaan/Planning
    Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
  2. Fungsi Pengorganisasian/Organizing
    Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pada pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
  3. Fungsi Pengarahan/Directing/Leading/Commanding
    Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
  4. Fungsi Pengendalian/Controlling
    Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
  5. Fungsi Pemotivasian/Motivating
    Fungsi pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
  6. Fungsi Pengkordinasian/Coordinating
    Merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
  7. Fungsi Pelaporan/Reporting
    Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
  8. Fungsi Staffing
    Merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusupan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangan sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
     Bagan Struktur Organisasi

     Berikut adalah contoh bagan struktur organisasi dari propinsi gorontalo:
     
     
     Contoh bagan struktur organisasi kampus kita tercinta Gunadarma:

     



Sumber:
No comments

No comments :

Post a Comment