Tren Perkembangan Telematika Saat Ini



Setelah kita bahas definisi telematika dan hubungannya dengan teknologi informasi, serta perkembangan telekomunikasi di Indonesia, sekarang ane mau ngebahas tentang tren perkembangan telematika saat ini. Berikut beberapa teknologi di antaranya:
·         E-government
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi TelematikaIndonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi daninisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, sertamemfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.
Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internetyang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaliguslebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja.
E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antarapemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkupnasional, bahkan intrernasional.
Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, datastatistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya
·         E-Commerce
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangandilakukan secara elektronik.
Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional,menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (soft ware), perbankan, perpajakan,dan banyak lagi.E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines
·         E-Learning
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, daripendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebihterbuka.
Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwalkuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika,yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengandosennya.
Web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksidalam group, juga sangatlah mendukung.



      Banyak yang sudah mengadopsi perkembangan telematika, beberapa contoh diantaranya adalah:
  • Email
  • Chatting
  • Jejaring Sosial
  • Berbagi Media
  • Blog dan Microblog
  • Jaringan Video dan Musik, dll


Referensi:
  • http://www.scribd.com/doc/42655485/Teknologi-Telematika-Format-Ppt
  • http://budi.insan.co.id/presentation/IT-unpar-update-ppt.ppt
No comments

No comments :

Post a Comment