bencana

setelah pada blog sebelumnya saya telah membahas tentang manusia dan penderitaan, bentuk dan definisinya, sekarang saya mencoba menelaah tentang bencana. sebagai mana telah kita ketahui, bencana merupakan penyebab penderitaan yang paling banyak memberikan kesengsaraan pula kepada manusia. bencana sering diidendikan dengan sesuatu yang buruk dan tidak menyenangkan. bencana tidak dapat dipisahkan dalam sejarah manusia. karena alam juga akan bertumbuh kembang seperti halnya makhluk hidup.

bencana juga sering disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, maka tak salah jika alam memberikan peringatan kepada kita untuk lebih menjaga bumi. contohnya saja kita ambil, bencana banjir. siapa yang tak kenal banjir ? dari mulai negara besar, maju dan berkembang. orang kaya sampai orang kurang kaya, pejabat sampai bukan pejabat, kenal semua. apalagi di negeri kita sendiri, banjir sudah seperti teman lama yang sering datang berkunjung (saking seringnya, hehe). apa yang menyebabkan banjir ? tentunya banyak faktor yang bisa kita ambil. kelalaian ekologis, pemekaran wilayah dan pembalakan liar bisa menjadi penyebabnya.

salah satu bencana
lihat saja sekarang, manusia membuang sampah masih sembarangan. banyak memakai kendaraan pribadi yang membuat ozon semakin tipis, atau menebang hutan yang merupakan penampang hujan dan penyedia air bersih di kehidupan kita. mereka semua hanya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan akibat dari perbuatannya. tidak salah jika saya bilang bencana adalah hasil dari perbuatan manusia itu sendiri. karena setiap perbuatan pasti akan mendapatkan hasil ke sang pelaku. kita juga masih lihat banyak perusahaan yang membuang limbahnya secara sembarangan ke air laut atau kali, hingga ekosistemnya terganggu. dan makhluk di dalamnya serta penduduk yang menetap tidak dapat menggunakan air tersebut.

apakah yang dapat kita lakukan ? kita dapat mengambil hikmah dari semua kejadian sebelumnya, dimana kita tidak menyayangi alam, maka alam juga akan begitu terhadap kita. jagalah bumi ini agar kita bisa mengurangi efek dari bencana itu sendiri, yang dengan sendirinya akan mengurangi juga penderitaan yang disebabkan oleh nya.
No comments

No comments :

Post a Comment