manusia dan tanggung jawab

tanggung jawab merupakan sebuah sikap yang sangat benar-benar diperlukan oleh semua orang di dunia dewasa ini, mengapa seperti itu ? karena menurut saya, dunia banyak memiliki orang pintar, cerdas, tapi tidak dengan orang bertanggung jawab, apalagi jujur. sungguh sebuah sikap yang amat langka saat ini, dimana saat ini politisi banyak membohongi rakyatnya dengan jani-janji kosong yang sangat menjengkelkan, wajr saja banyak mahasiswa ataupun masyarakat yang berdemo dan mencibir bahwa politikus tidak ada yang membawa manfaat kepada negara. kenapa saya bisa bilang seperti itu ? karena politisi hanya memikirkan uang, sedangkan yang baik dalam politik itu adalah negarawan.

apakah tanggung jawab itu ? sedangkan menurut saya sendiri, tanggung jawab adalah sebuah sikap memberikan apa yang dia bisa lakukan untuk menebus apa yang telah di perbuat. Makna dari istilah “tanggung jawab” adalah “siap menerima kewajiban atau tugas”.  Kebanyakan orang mengelak bertanggung jawab, karena jauh lebih mudah untuk“menghindari” tanggung jawab, daripada “menerima” tanggung jawab.

apakah tanggung jawab seorang kepala negara terhadap bangsa dan rakyatnya ? sudah tentu membawa negara kepada kehidupan yang lebih baik. apakah tanggung jawab seorang dokter kepada pasiennya ? tentu memberikan pelayanan tterbaik tanpa memandang status dari pasien tersebut. apakah tanggung jawab seorang guru terhadap muridnya ? sudah pasti memberikan pengajaran dan sikap yang baik terhadap semua murid-muridnya.

maka sekarang adalah tugas kita untuk menjunjung tinggi tanggung jawab dalam setiap perbuatan yang kita lakukan, apakah untungnya buat kita ? memberikan kebahagiaan kepada dunia, dan mengilhami semua untuk sebuah contoh yang benar. akhir kata, sudah bertanggung jawabkah anda hari ini ?
No comments

No comments :

Post a Comment