pengembangan umkm

UMKM apa sih itu ? merupakan kepanjangan atau singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Nah terus kenapa harus membahas ini ? jelas lah kalau ingin membuat sebuah perusahaan yang besar kita harus membuat dengan skala kecil terlebih dahulu, mau bukti ? google sendiri tadinya merupakan perusahaan yang kecil bermula hanya dengan garasi sebagai kantornya. Apa lagi yang kita tunggu ? sebagai mahasiswa Sistem Informasi kita harus bisa membuat sebuah sistem yang dipecah menjadi banyak sub-sistem, nah sub-sistem inilah bagian kecil dari sebuah sistem yang besar, jika yang kecil saja kita tidak bisa gimana yang besar?

Menurut UU no. 9 tahun 1995 tentang usaha kecil dapat dikategorikan sebagai sebagai usaha kecil sepanjang omsetnya dibawah 1 milliar, memiliki aset kurang dari 200jt diluar tanah dan bangunan dan bukan merupakan anak perusahaan dari sebuah perusahaan yang besar. Nah loh bagaimana dengan usaha anda? termasuk kecil atau besar? hehe. Dengan mempunyai usaha sendiri anda tidak harus rela dimarahin bos tiap hari, disuruh lembur dan sebagainya, anda menjadi direktur atau bos di perusahaan anda sendiri! kurang nikmat apalagi itu?

disini saya akan membahas mengenai pengembangan dari umkm ini. menurut hemat saya, pengembangan umkm hanya terkendala oleh dua faktor saja. apa sajakah itu? yaitu Modal dan Skill. Lantas gimana kita mengatasi hal ini?. Untuk skill, saya pikir dengan melakukan pembinaan dan pelatihan manajemen pengelolaan keuangan atau hasil dari usaha tersebut maka hal tersebut dapat diatasi. Sedangkan untuk modal KUR(Kredit Usaha Rakyat) dan peminjaman dana atau pengajuan sertifikat gratis dapat menjadi solusi untuk permodalan pengembangan umkm ini. Pendek banget ya blognya? yaa emang cuma segini intinya, dan bagusnya saya berusaha untuk tidak COPY PASTE seperti mahasiswa yang lain.
No comments

No comments :

Post a Comment