PPS (Pasar Persaingan Sempurna)

I. Pendahuluan
     Pasar persaingan sempurna merupakan suatu bentuk interaksi antara penawaran dengan permintaan yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen tidak terbatas dan sangat banyak. Bentuk pasar persaingan sempurna sangat sulit ditemui dalam kehidupan sehari-hari, namun sangat bermanfaat untuk mempelajari konsep-konsep pasar lainnya dalam ilmu ekonomi.


II. Teori
     Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan persaingan sempurna :
  • Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product).
  • Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi   sempurna (perfect     knowledge).
  • Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output).
  • Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker).
  • Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit).

    
     Ciri-ciri pokok persaingan sempurna adalah sebagai berikut :
  • Banyak penjual dan pembeli.
  • Produk-produk Homogen.
  • Konsumen mengatuhui kondisi pasar.
  • Faktor-faktor produksi bergerak bebas .
  • Tidak ada campur tangan pemerintah.
III. Pembahasan
  *  Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.

  *  Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.

  *  Output Perusahaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
Perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata – rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relative kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.

  *  Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)
Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker). Secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.

  *  Keleluasaan Masuk – Keluar Pasar (Free Entry and Exit)
Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor produksi.



  *  Banyak penjual dan pembeli
Dalam pasar persaingan sempurna pengaruh individual sangat relatif kecil. Dengan demikian, penjual individu tidak mempunyai pengaruh terhadap harga penjualan mereka karena harga tersebut ditentukan oleh kondisi permintaan dan penawaran.

  *  Produk-produk Homogen
Dalam pasar persaingan sempurna, produk yang ditawarkan oleh para penjual yang saling bersaing adalah identik. Artinya produk tersebut secara fisik sama dan menurut anggapan konsumen semua produk tersebut serba sama antara satu dengan yang lain.
 
  *  Pasar yang bebas dimasuki dan ditinggalkanOleh karena seorang produsen/ penjual hanya menghasilkan sebagian kecil saja dari barang/jasa yang ditawarkan, maka produsen dapat saja meninggalkan pasar dengan dengan mudah dan memasuki kembali
  *  Konsumen mengatuhui kondisi pasarKondisi pasar diketahui olehkonsumen sangat baik sehingga konsumen tidak dapat melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kondisi pasar tersebut.
  *  Faktor-faktor produksi bergerak bebasFaktor-faktor produksi dalam pasar persaingan sempurna dapat ebrgerak bebas karena banyaknya penjual dan pembeli.
  *  Tidak ada campur tangan pemerintahHarga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran sehingga pemerintah tidak dapat ikut campur dalam penentuan harga.


Kekuatan Pasar Persaingan Sempurna diantaranya adalah harga jual barang dan jasa adalah yang termurah, jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal), serta masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.

Kelemahannya adalah pada hal konsumsi, pengembangan teknologi, konflik efisiensi - keadilan.



sumber:
Tutorial Kuliah
Staff Gunadarma 
No comments

No comments :

Post a Comment