cinta dan kasih sayang sesama manusia

cinta dan kasih sayang merupakan dua kata yang sangat umum kita dengar saat ini. dua kata tersebut paling sering menghias lagu-lagu di dunia, dan merupakan tema wajib dunia entertaiment saat ini. dua kata yang dapat mewakili apa yang kita rasakan dan kita berikan kepada seseorang yang spesial atau istimewa di hidup kita, sekaligus menjadi kata-kata yang terbaik untuk menyampaikan perasaan.

tapi apa anda tahu apa arti kata tersebut ? pasti anda sudah sering merasakan atau bilang pada pacar, istri, dan suami atau anak tentang bagaimana cintanya dan betapa sayangnya anda kepada mereka. definisi cinta sendiri adalah suatu perasaan memberi, percaya, komitmen dan tulus dari hati terdalam tanpa mengharap balasan. sedangkan kalau kasih sayang merupakan sifat yang menyayangi semua mahluk ciptaan-Nya layaknya dia mencintai diri sendiri, bahkan lebih. jadi sudah tau apa perbedaan keduanya ? jika cinta adalah sebuah perasaan, kasih sayang adalah sifat itu menurut pribadi saya. sedangkan menurut bang wiki, cinta adalah sebuah perasaan ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. pendapat lainnya cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri,empati,perhatian,memberikan kasih sayang,membantu,dan mau memberikan apa saja untuk membuat objek tersebut bahagia walaupun itu menyakitinya.

cinta adalah sesuatu yang rumit, makna yang mendalam bagi perasanya, dan membutuhkan kebesaran hati untuk dapat menyempurnakannya. saya yakin, anda pasti teringat akan sebuah pasal dalam dasadarma pramuka yang kedua saat melihat judul tulisan ini, ya, saya memang mengambil judul dari situ. sebuah pasal yang menggambarkan pentingnya cinta dan kasih sayang dalam hidup kita. salah satu sifat penyayang allah swt menciptakan kasih sayang dan cinta dalam hati kita, kenapa ? karena dengan cinta kita dapat tahu apa yang kita dapat miliki, apa yang tidak. dapat menerima perbedaan, disamping menolaknya. dapat memberikan senyuman kebahagiaan kepada setiap orang yang merasakannya. jadi, mengapa masih saja ada demo, perang, membunuh, dan semua tindak kejahatan lainnya ? itulah hati tanpa cinta.
No comments

No comments :