kebudayaan di dunia

apakah anda pernah mendengara kata "budaya" ? atau mungkin "kebudayaan" ? tentu saja ya, istilah tersebut sudah terdengar akrab di telinga kita. banyak wilayah, etnis, ras, agama, nehara, memiliki kebudayaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. budaya itu sesuatu yang unik, bahkan bisa menjadi ciri khas dari masing-masing wilayah ataupun penduduk yang menempatinya. keunikan tersebut terletak pada berbagai hal, diantaranya tempat tinggal, pakaian, alat musik, tarian dan masih banyka lagi. tapi apa anda mengerti apa arti dari kebudayaan itu sendiri ?

budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, merupakan bentuk jamak dari buddhi (akal.red). dalam bahasa inggris, kebudayaan disebut culture. yang berasal dari bahasa latin colere, yaitu mengolah dan mengerjakan. definisi budaya sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang yang diwariskan secara turun-temurun atau generasi ke generasi. kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat, karena dari masyarakat yang tinggal di tempat berbeda inilah lahir kultur dari masyarakat yang satu dengan yang lain tidak sama.

contohnya saka negara jepang, negara yang terkenal dengan teknologinya yang sangat canggih dan up to date setiap harinya, masih melestarikan kebudayaannya dengan baik, what a great country ! dari banyak budaya jepang, diantaranya matsuri, atau ritual/perayaan di negara tersebut. origami atau seni melipat kertas yang kita kenal saat ini pun berasal dari jepang. serta permainan sudoku, atau teka-teki logika tentang angka yang ada di handphone kita sebagai permainan wajib.

lain lagi dengan negara superpower amerika serikat, fried chicken yang sering menjadi panganan kita dan tersebar di berbagai tempat. film-film hollywood yang senantiasa menghias berbagai bioskop kita dewasa ini, dan mungkin menjadi salah satu alternatif favorit kita melepas penat. sampai dengan mcdonald yang berasal dari negara adidaya tersebut dan menjadi pelopor apa yang disebut junk food. amerika serikat termasuk negara di barat yang paling banyak mempengaruhi budaya-budaya lain di dunia. dan perayaan ultah dan valentine mungkin yang paling terkenal dari semua itu.

lain amerika, lain jepang, lain pula negara-negara timur tengah. arab saudi contohnya. budaya mengenakan cadar atau penutup muka. yang berguna sebagai penutup aurat bagi kaum hawa, tetapi bukan hanya dipakai oleh mayoritas perempuan lho, para lelaki juga memakainya. bukan untuk menutup aurat juga pastinya, tetapi untuk menhindari serbuan debu di padang pasir, karena wilayah disanan yang mayoritas gurun.

kesimpulannya, kenapa banyak budaya yang berbeda yang justru banyak menimbulkan peselisihan ? menurut hemat saya, kita diciptakan oleh allah swt dengan tujuan, begitupun berbedanya kebudayaan, diciptakan untuk satu tujuan, yaitu "agar kita dapat hidup damai dan tenteram dalam perbedaan, tanpa memandang latar belakang masing-masing."
No comments

No comments :

Post a Comment