masuk PTN favorit

setelah UN apakah perjalanan anda sudah selesai ? apa anda merasa lega ? apa anda hanya ingin memegan ijazah SMA ? tentu saja tidak kan. selesai un anda akan dihadapkan pada masuk perguruan tinggi yang anda inginkan, lalu jika sudah kuliah petanyaan berikutnya adalah pendamping hidup seperti apa yang cocok menemani anda, lalu dihadapkan pada masalah anak dan seterusnya. tapi yang ingin  dan akan saya bahas disini adalah tentang masuk PTN favorit anda.

apakah anda sudah ada bayangan akan menjadi apa nantinya ? menjalani hidup seperti apa ? sudah ? jika sudah, bagus ! dan berbahagialah, karena anda adalah satu dari sekian banyak orang yang belum memikirkan / mempunyai tujuan hidup. jika belum, teruskan membaca, maka sedikit demi sedikit anda akan memahami apa yang harus anda lakukan.

PERTAMA, apa anda memiliki hobby atau kesenangan pribadi yang sangat anda tekuni dan merupakan bidang anda ? bisa olahraga, membaca, ngeband, kameraman dan many more. yang penting disini adalah anda memiliki dan mengetahui apa kelebihan anda yang orang lain belunm tentu seberuntung anda. atau jika itu pelajaran, semisal mtk, sosiologi, kimia.
apa yang anda senangi dari semua banyak pelajaran tersebut ? oke jika anda belum menemukan , ikut tes psikologi atau bakat yang bias diselenggarakan oleh sekolah. Maka, itu bisa jadi jurusan atau keahlian anda untuk masuk PTN yang anda inginkan.

KEDUA, cari tahu informasi apa saja yang dibutuhkan tentang Perguruan Tinggi yang anda taklukan. entah itu dari koran, internet, kakak kelas, guru, atau sodara yang sudah berada di universitas tersebut terlebih dahulu. Bisa tentang kapan mengadakan ujian, ujian masuk kuota nya berapa, dan keketatan ujiannya. apa saja materi yang akan di ujiankan, dll.

KETIGA, pelajari soal-soal tahun kemarin. biasanya dari tahun ke tahun soalnya bentuki dan materinya tidak jauh berbeda. tanyakan soal dan pahami yang belum anda mengerti.

KEEMPAT, cari passing grade dari jurusan yang ingin anda ambil. tipsnya, jika anda mengambil jurusan yang banyka peminatnya sebagai pilihan pertama, maka ambilah jurusan yang tidak banyak peminatnya / tidak begitu besar kuotanya utnuk dimasuki. penting, karena jika anda tidak dapat pilihan pertama maka anda akan aman di pilihan kedua.

KELIMA, sudah jelas berdoa dan berusaha, dan jangan ditunda! semoga kalian tidak akan menyesali apa yang telah anda lakukan untuk diri sendiri , SEMOGA SUKSES!
No comments

No comments :

Post a Comment