REALITY show atau REALLY.SHIT show ?

Anda tahu reality show ? sebuah program di televisi yang mengangkat kisah dari kenyataan dan di jadikan tontonan yang menarik dengan kemasan yang menarik pula. di era global seperti sekarang kemungkinan besar jarang yang tidak mengetahui tentang reality show ini.

Apa anda pernah menontonnya ? atau mungkin sudah mulai mengikutinya, dan mungkin juga sudah menjadi bagian dari pelepas rasa lelah/letih anda saat di rumah ? pertanyaan saya, apakah acara tersebut asli ? apa program tersebut REAL seperti yang di sebutkan dalam slogan "REALITY SHOW" ?

Mungkin banyak dari anda yang tidak mempermasalahkannya, karena mengangggap ini hanya sebuah tontonan. tontonan ? apa anda tahu sebagian besar dari apa yang anda lihat akan anda tiru TANPA ANDA SADARI ? sekali lagi saya katakan, TANPA ANDA SADARI. kenapa saya berbicara seperti itu, karena anda tidak akan sadar kalau sudah dirasuki dan tertanam dalam pikiran kita, apa yang kita lihat. itulah yang menginspirasi saya menulis blog seperti ini.

Oke, mungkin anda adalah orang yang berpendirian, tidak mudah terhasut tontonan seperti itu. tapi apa jadinya jika tontonan tersebut ditonton oleh adik-adik anda ? anak-anak anda yang bahkan belum tahu apa itu benar apa salah ? akan menjadi "paham" di pikiran mereka dan menganggap wajar apa yang terjadi di dunia nyata saat mereka menirunya.

Beberapa reality show di dunia pertelevisian indonesia sudah saya anggap parah, tidak mendidik sama sekali, bahkan sangat memprihatinkan. entah itu cerita tentang mencari orang kemana mana yang sangat jelas urutannya, tetapi kemudian setelah ditemukan sudah meninggal, atau tentang membantu orang yang ternyata pemuja setan, dan masih banyak lagi reality show yang tidak berbobot.

Sekarang, siapa yang patut disalahkan ? yang memproduksi atau yang mengonsumsi ? pertanyaan yang saya sdndiri sulit menjawabnya. banyak perusahaan tv swasta yang lebih mementingkan RATING daripada MANFAAT/AKIBAT nya. itu sebabnya banyak dari kita yang mudah di bohongin dan di akal-akali oleh negara lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab. karena dari apa yang kita tonton saja sudah membohongi.

bagaimanan negara kita mau maju jika terus-terusan menonton tontonan "bodoh" ? kembali lagi ke diri kita masing-masing. dari saya pribadi, seraplah semua yang positif, dan buang semua yang negatif.
No comments

No comments :

Post a Comment